Kamis, 19 Agustus 2010

Seperti Apakah Bentuk Tubuhmu?

Apakah semua orang memiliki bentuk tubuh yang sama? Jawabannya tentu saja tidak. Karena setiap orang terlahir dengan tipe dan bentuk tubuh yang berbeda-beda. Ada orang yang bentuk tubuhnya langsing seperti gitar, ada juga yang memiliki bentuk tubuh gemuk buah pir. Lalu, tahukah kamu tipe dan bentuk tubuh seperti apakah yang kamu miliki? Jika kamu ingin tahu seperti apakah bentuk tubuh yang kamu miliki, berikut kami berikan sedikit informasi mengenai macam-macam bentuk tubuh manusia.



Terdapat tiga jenis tipe tubuh manusia, yaitu :
1. Endormorf
Memiliki tulang yang besar, bentuk muka bulat, pinggul lebar (lebih lebar dari bahu), pinggang besar, tulang paha besar, metabolism tubuh lambat, sel-sel lemak dalam tubuh tinggi, terutama pada bagian tengah tubuh, pada bagian bawah tubuh, bagian bawah perut, pinggul dan paha.
Bentuk tubuh ini lebih mudah menyimpan lemak dalam tubuh sehingga mudah menjadi gemuk. Untuk itu, orang dengan tipe tubuh ini harus berusaha lebih keras untuk menjaga berat badan ideal dan menjaga kesehatannya dengan pola hidup yang baik misalnya memerhatikan pola makan dan rajin berolahraga.
Laki-laki yang memiliki tipe tubuh endormorf (disebut android) cenderung memiliki distribusi lemak pada tubuh yang berbeda dari wanita tipe endormorf (disebut ginoid). Ginoid biasanya banyak menyimpan lemak pada bagian pantat, kaki, pinggul. Sementara android biasanya banyak menyimpan lemak pada bagian perut. Sayangnya lemak pada bagian perut lebih berbahaya bagi kesehatan, daripada lemak pada bagian kaki dan pantat. Beberapa studi menunjukkan bahwa deposit lemak pada bagian perut beresiko menimbulkan berbagai ancaman penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, kanker, dan darah tinggi.
2. Mesomorf
Memiliki bahu yang lebar, pinggang sempit, otot tubuh besar, tulang besar, dada dan bahu lebih lebar dari pada pinggang, lebar pinggul hampir sama dengan lebar bahu, metabolism tubuh cepat, kadar lemak dalam tubuh cukup rendah, pada laki-laki tipe tubuh ini terlihat seperti bentuk tubuh yang atletis.
Bentuk tubuh seperti bentuk persegi dan kaku. Distribusi lemak pada tipe tubuh ini cenderung sama pada hampir seluruh tubuh. Tubuhnya mudah dibentuk otot, dan dengan metabolism tubuh yang lebih cepat akan lebih mudah dalam menjaga berat badan ideal dan menurunkan berat badan.
Walaupun tipe tubuh ini memiliki distribusi lemak yang merata pada hampir seluruh tubuh, namun kecenderungan untuk menjadi overweight besar apabila tidak banyak melakukan aktivitas fisik, dan mengonsumsi makanan tinggi lemak atau tinggi kalori.
Penyakit jantung merupakan ancaman bagi orang mesomorf yang overweight (kelebihan berat badan). Jika kamu termasuk dalam tipe tubuh ini, maka cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah resiko sakit jantung tersebut adalah dengan mengawasi asupan makanan dan melakukan olahraga. Orang dengan tipe tubuh mesomorf biasanya unggul dalam bidang olahraga yang memerlukan kekuatan, dan banyak energy.
3. Ektomorf
Memiliki bentuk yang kurus dan lurus, pinggang sempit, pinggul sempit, dan bahu juga sempit, kaki dan tangan panjang, tulang-tulang tubuh kecil, otot-otot tubuh kecil, metabolism tubuh sangat cepat, lemak pada tubuh sedikit.
Orang dengan tipe tubuh ini biasanya amat ramping, kurus, dan susah untuk menambah berat badan. Metabolisme tubuh yang amat cepat tersebut membuat orang dengan tipe tubuh ini dapat dengan mudah membakar lemak dan kalori tubuh, meskipun saat tidak melakukan aktivitas.
Tipe tubuh seperti ini banyak dimiliki oleh para model-model. Bila kamu termasuk ke dalam tipe tubuh ini dan ingin untuk menambah berat badan kamu, kuncinya adalah menyeimbangkan setiap aktivitas yang kamu lakukan dan juga memerhatikan pola asupan makanan yang dikonsumsi.
Selain tipe tubuh, juga terdapat kategori bentuk-bentuk tubuh. Antara pria dan wanita pun tentu memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Pria cenderung memiliki bentuk tubuh seperti persegi panjang, lurus, atau bentuk kerucut.
Sementara wanita biasanya memiliki bentuk tubuh seperti jam pasir, buah pir, buah aple, atau bentuk lurus.
1. Bentuk tubuh jam pasir
Banyak wanita yang menginginkan untuk memiliki bentuk tubuh seperti ini. Karena bentuk tubuh ini memiliki proporsi yang pas antara bagian atas dan bawah tubuh, dengan bagian yang sempit pada pinggang.
Jika bentuk tubuh kamu adalah bentuk tubuh seperti ini, maka kamu akan lebih mudah mengalami penambahan berat badan pada seluruh tubuh khususnya pada bagian pinggul dan bagian dada. Bentuk tubuh seperti jam pasir ini termasuk kedalam tipe endormorf atau mesomorf.
2. Bentuk tubuh buah pir
Wanita dengan bentuk tubuh seperti buah pir cenderung memiliki bagian bawah tubuh yang lebih lebar dan bagian atas tubuh lebih kecil. Jika bentuk tubuh kamu termasuk dalam bentuk tubuh ini,, maka pinggulmu akan sedikit lebih lebar daripada pundak, dan kamu akan mudah mengalami penambahan berat pada bagian bawah pinggang. Bentuk buah pir biasanya memiliki dada yang kecil dan perut yang rata. Hampir sebagian bentuk tubuh pir termasuk dalam kategori tipe tubuh mesomorf.
3. Bentuk tubuh buah apel
Bentuk tubuh buah apel biasanya lebih besar dan lebar pada bagian tengah ke atas tubuh. Orang dengan bentuk tubuh apel umumnya memiliki pinggul yang ramping, bagian dada dan perut lebih besar. Kecenderungan bentuk tubuh apel mengalami penambahan berat pada bagian pinggang atau si sepanjang bagian belakang tubuh. Hampir semua bentuk tubuh apel termasuk dalam tipe mesomorf atau endormorf.
4. Bentuk tubuh lurus
Wanita dengan bentuk tubuh ini cenderung memiliki bentuk tubuh yang hampir tidak ada perbedaannya antara ukuran pinggulnya, dengan ukurang pinggang dan bahunya. Bentuk tubuh ini cenderung menopang berat tubuh pada bagian perut dan bagian punggung. Kebanyakan bentuk tubuh ini termsasuk ke dalam tipe tubuh ektomorf.
Perbedaan bentuk tubuh dipengaruhi oleh factor genetic, pola aktivitas fisik seseorang, misalnya latihan dan olahraga rutin yang sering dilakukan, pola makan dan asupan gizi seseorang. Karena adanya pengaruh factor genetic tersebut, bentuk tubuh sebenarnya agak sulit diubah. Yang bisa dilakukan adalah hanya mengatur pola aktivitas fisik dan pola makan untuk memaksimalkan bentuk tubuh agar diperoleh bentuk yang indah sesuai dengan bentuk dasar tubuh itu sendiri. Lalu, seperti apakah bentuk tubuh kamu?



1 komentar:

  1. link aslinya gan dicantumin juga donk

    http://informasitips.com/seperti-apakah-bentuk-tubuhmu

    BalasHapus